Pengaruh Minat Belajar Dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA

Main Article Content

Nur Hikmah
Muh. Idam Haliq
Emi Kamasari

Abstract

Minat belajar remaja dapat dipegaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pentingnya minat belajar seorang siswa dalam proses pembelajaran sebagai perwujudan kewajiban seorang siswa untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal. Saat memasuki masa transasisi, seorang remaja mulai mendekatkan diri dengan teman yang memiliki rentang usia sebaya dengan dirinya. Mereka lebih banyak menghabiskan banyak waktu untuk berinteraksi dalam kelompok sebaya, sehingga hasil belajar siswa juga dipengaruhi oleh teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 31 Konawe Selatan; pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 31 Konawe Selatan; dan pengaruh minat belajar dan teman sebaya secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 31 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi sekaligus sebagai sampel dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Konawe Selatan yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 31 Konawe Selatan. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (4,395>2,060) atau nilai signifikansi lebih kecil dari 0,050 (0,000<0,050) atau koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,359; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 31 Konawe Selatan. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (4,801>2,060) atau nilai signifikansi lebih kecil dari 0,050 (0,000<0,050), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,296; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar dan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 31 Konawe Selatan. Hal ini dibuktikan dari nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (39,203>3,400) atau nilai signifikansi lebih kecil dari 0,050 (0,000<0,050). Besarnya kontribusi variabel minat belajar, dan teman sebaya sebesar 56,8%, sedangkan sisanya sebesar 43,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti dalam penelitian ini. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan  minat belajar, teman sebaya, serta minat belajar dan teman sebaya terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Konawe Selatan tahun ajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hikmah, N., Haliq, M. I., & Kamasari, E. (2022). Pengaruh Minat Belajar Dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1248-1254. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3470
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.