The Thoughts of Ibn Khaldun on Learning Theory in Islamic Education
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemikiran Ibnu Khaldun terhadap Teori Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah kepustakaan (library research). Dengan hasil penelitian Pemikiran Ibnu Khaldun terhadap Pendidikan Islam hakikatnya lebih menonjolkan dan mementingkan konsep pendidikannya kepada pembentukan perilaku, ahklak dan budi pekerti. Hal ini dilakukan sebagai wujud apresiasi Ibnu Khaldun terhadap ajaran Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadits. Alqur’an harus dijadikan sebagai sumber dari semua pelajaran yang ada dari lembaga Pendidikan Islam, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menuju Islam yang Kaffah. Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun sampai saat ini masih ada yang relevan dengan pendidikan modern yaitu hubungan interaktif yang bernilai edukatif antara pendidik dan anak didik dalam proses belajar mengajar agar tercapai suatu tujuan pendidikan.