The Thoughts of Ibn Khaldun on Learning Theory in Islamic Education

Main Article Content

Ayu Era Wardhani
Andi Prastowo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemikiran Ibnu Khaldun terhadap Teori Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah kepustakaan (library research). Dengan hasil penelitian Pemikiran Ibnu Khaldun terhadap Pendidikan Islam hakikatnya lebih menonjolkan dan mementingkan konsep pendidikannya kepada pembentukan perilaku, ahklak dan budi pekerti. Hal ini dilakukan sebagai wujud apresiasi Ibnu Khaldun terhadap ajaran Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadits. Alqur’an harus dijadikan sebagai sumber dari semua pelajaran yang ada dari lembaga Pendidikan Islam, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menuju Islam yang Kaffah. Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun sampai saat ini masih ada yang relevan dengan pendidikan modern yaitu hubungan interaktif yang bernilai edukatif antara pendidik dan anak didik dalam proses belajar mengajar agar tercapai suatu tujuan pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wardhani, A., & Prastowo, A. (2024). The Thoughts of Ibn Khaldun on Learning Theory in Islamic Education. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8(2), 3105-3113. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v8i2.3481
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.