PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA BERKEPRIBADIAN SANGUINIS DAN KOLERIS DI SMAN 1 BARAKA (The Influence of Verbal and Self-Adjutment Capabilities to the Mathematic Learning Achiement of the Sanguine and Choleric Typical Student at SMAN 1 Baraka)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ekspost fakto bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan verbal (X1) dan penyesuaian diri (X2) secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap prestasi belajar Fisika (Y) pada masing-masing tipe kepribadian sanguinis dan koleris. Penelitian ini dilakukan di SMAN1 Baraka . Instrumen yang digunakan adalah tes kepribadian, tes kemampuan verbal dan tes penyesuaian diri, serta dokumentasi nilai rapor semester yang telah dilalui. Untuk melihat pengaruh antara variabel-variabel bebas dan variabel terikat digunakan statistik regresi ganda. Selanjutnya analisis data digunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan verbal (X1) dan penyesuaian diri (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar Fisika (Y) pada masing-masing tipe kepribadian sanguinis dan koleris. Pada tipe kepribadiam sanguinis secara parsial kemampuan verbal berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Fisika, sedangkan secara parsial penyesuaian diri tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar Fisika. Pada tipe koleris secara parsial kemampuan verbal berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Fisika begitupun juga dengan kemampuan penyesuaian diri.