Pengaruh Model Quantum Teaching Teknik Tandur Terhadap Intensitas Keterlibatan Emosi Pembelajaran IPS Murid Kelas 6 Sekolah Dasar

Main Article Content

Maha Lastasa Buju Basafpipana Habaridota

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran terhadap intensitas keterlibatan emosi. Model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran Quantum Teaching teknik TANDUR dan model pembelajaran konvensional terhadap intensitas keterlibatan emosi belajar IPS. Rancangan penelitian ini menggunakan pola dasar The Posttest Only Control Group dengan jenis eksperimen semu (eksperimen quasi). Penelitian dilakukan pada siswa kelas VI di SD Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat dengan populasi penelitian berjumlah 100 siswa dan sampel penelitian berjumlah 70 siswa. Data yang dikumpulkan adalah intensitas keterlibatan emosi yang menggunakan teknik kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan ANAVA one way berbantuan SPSS. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, intensitas keterlibatan emosi antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Quantum Teaching teknik TANDUR secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F sebesar 18,91 dan Sig = 0,000;p < 0,05). Hasil penelitian ini, disarankan untuk menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching teknik TANDUR dari pada menggunakan model konvensional guna meningkatkan intensitas keterlibatan emosi belajar IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Habaridota, M. L. B. B. (2022). Pengaruh Model Quantum Teaching Teknik Tandur Terhadap Intensitas Keterlibatan Emosi Pembelajaran IPS Murid Kelas 6 Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1119-1123. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3514
Section
Articles

References

Ade & Kurnia. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran
Quantum Teaching Tipe Tandur Ditinjau dari
Motivasi Belajar Murid”. Jurnal Elektronik
Pembelajaran Matematika, 5 (3), 240-248.
Adoe, D.P., Dibia, I.K., Mahadewi, L.P.P. (2016).
Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching
untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil
Belajar IPS Siswa Kelas V SD, e-Journal PGSD
Universitas Pendidikan Ganesha. 4 (1), 1-11.
Bagus Abshoru. (2020). Pengaruh Model
Pembelajaran Quantum Teaching terhadap
Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Mata
Pelajaran IPS Murid Kelas VIII di SMP Negeri 26
Semarang. Skripsi: Semarang: Universitas
Negeri Semarang.
Basuki Wibawa. (2016). Metode Penelitian
Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Daniel Goleman (2018). Social Intellegence Ilmu Baru
Tentang Hubungan Antar Manusia. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
DePorter, B. et. al. (2017). Quantum Teaching
Mempraktikan Quantum Teaching di Ruang-ruang
Kelas. Bandung: Mizan Pustaka.
Hamid Darmadi. (2014). Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.
Itziar & Natalio. (2017). “The Relationship Between
Emotional Intelligence and Academic
Engagement”. Electronic Journal of Research in
Educational Psychology, 15(3), 553-573.
Margaret & Deepa. (2017). “The Impact Of Emotional
Intelligence on Ethical Judgment”. Journal of
Management Development, 37 (6), 503-511.
Raymond J. Wlodkwoski dan Judith H. Jaynes. (2004).
Motivasi Belajar. Jakarta: Cerdas Pustaka.
Suparno, Paul. (2000). Teori Perkembangan Kognitif
Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.