Application of Learning Methods and Media at SMP IT Nurul Ilmi

Main Article Content

Neli Wati Sobari
Muhammad Zacky Bangun
Ayu Rahimi Hia
Sri Wulandari Harahap

Abstract

Media pembelajaran dan metode pembelajaran merupakan suatu hal untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Sebagai alat bantu, media memiliki fungsi memudahkan proses tercapainya tujuan pembelajaran dan media yang juga digunakan sebagai alat metode, serta teknik yang digunakan dalam meningkatkan efektifitas komunikasi dan interaksi edukatif antara pendidik dan peserta didik dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Secara umum hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode dan media pembelajaran di SMP IT Nurul Ilmi berjalan dengan baik. Salah satu media pembelajaran di SMP IT Nurul Ilmi yaitu melalui aplikasi WhatsApp. Dengan fasilitas internet yang diberikan menunjang para guru untuk menjadikan perkembangan media sosial sebagai sarana penyampaian materi yang bersifat edukatif. Salah satunya adalah menjadikan aplikasi WhatsApp sebagai aplikasi edukasi yang melibatkan antara guru, siswa dan orang tua. Metode pembelajaran yang dilakukan di SMP IT Nurul Ilmi yaitu metode pembelajaran tatap muka, dalam pembelajaan tatap muka terbatas juga harus mematuhi protokol kesehatan untuk menimalisir terjadinya penularan Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sobari, N. W., Bangun, M. Z., Hia, A. R., & Harahap, S. W. (2022). Application of Learning Methods and Media at SMP IT Nurul Ilmi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 1804-1807. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.3560
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.