Pendidikan Hijau (Green Education) Dalam Menghadapi Isu Nasional Dan Global

Main Article Content

Atik Rosanti
Hendri Juhana
Uus Ruswandi
Mohamad Erihadiana

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang Pendidikan Hijau (Green Education) Dalam Menghadapi Isu Nasional Dan Global. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif di salah satu Madrasah Aliyah di Kabupaten Kuningan, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Globalisasi membawa dampak yang besar terhadap kehidupan dan lingkungan. Adanya perubahan iklim ekstrem, krisis pangan, dan kesulitan ekonomi yang sedang berlangsung saat ini merupakan salah satu contoh isu-isu keberlanjutan yang harus dihadapi di dunia global saat ini. Mengingat pentingnya lingkungan bagi kehidupan manusia maka perlu adanya bentuk tanggung jawab atas keberlanjutannya lingkungan untuk generasi akan datang. Sekolah memiliki akses untuk mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan hijau melalui penerapan metode Education for Sustainable Development (ESD) pembangunan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan sikap dalam pengambilan keputusan mengenai isu-isu yang berkenaan dengan kualitas lingkungan baik secara nasional maupun global. Dengan metode ini diharapkan selain pembangunan berkelanjutan berhasil juga lingkungan mengalami kenaikan kualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rosanti, A., Juhana, H., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2022). Pendidikan Hijau (Green Education) Dalam Menghadapi Isu Nasional Dan Global. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1218-1223. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3637
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.