Penerapan Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendekatan Komunikatif dalam Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Methodist Pantai Labu
Main Article Content
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan teks prosedur pada siswa kelas VII SMP Methodist Pantai Labu dengan menggunakan pendekatan komunikatif dan Untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMP Methodist Pantai Labu dengan menggunakan pendekatan komunikatif. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes dan wawancara dengan guru. Penerapan perangkat pembelajaran bahasa Indonesia berbasis pendekatan komunikatif dalam teks prosedur siswa kelas VII SMP Methodist Pantai Labu pada tahun pelajaran 2018 / 2019 adalah guru sudah menerapkan pendekatan komunikatif dengan tepat dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan penekanan pada aktivitas siswa. Dapat dilihat dari awal dan akhir pembelajaran siswa yaitu: nilai rata – rata pada aspek judul awalnya 3,25 menjadi 3,71 atau mengalami peningkatan 7%, nilai rata – rata aspek tujuan awalnya 2,25 menjadi 3,75 atau mengalami peningkatan 6%, nilai rata – rata aspek langkah – langkah awalnya 3 menjadi 3,75 atau mengalami peningkatan 7%, dan nilai rata – rata aspek penutup awalnya 2,61 menjadi 3,53 atau mengalami peningkatan 6%.