Analysis Study of Mathematical Representation Skills of High School Students Seen from the Perspective of Sociomathematical Norms

Main Article Content

Yudha Renaldy
Samsul Maarif

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari aspek sociomathematical norms. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 115 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 105 Jakarta. Penelitian dimulai dengan memberikan angket untuk mengetahui tingkat sociomathematical norms yang dimiliki oleh siswa. Setelah mengetahui tingkat sociomathematical norms yang dimiliki siswa, penelitian dilanjutkan dengan melakukan purposive sampling berdasarkan tingkat sociomathematical norms kategori rendah, sedang dan tinggi. Purposive sampling pada penelitian ini dilakukan dengan memilih 2 siswa pada setiap tingkat sociomathematical norms untuk melakukan tes kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian dari 115 siswa dari aspek sociomathematical norms adalah terdapat 5 siswa memiliki sociomathematical norms rendah, 75 siswa memiliki sociomathematical norms sedang dan 35 siswa memiliki sociomathematical norms tinggi. Sedangkan hasil analisis tes kemampuan representasi menunjukkan bahwa siswa dengan sociomathematical norms tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan representasi matematis, siswa dengan sociomathematical norms sedang mampu memenuhi dua indikator kemampuan representasi matematis dan siswa dengan sociomathematical norms rendah mampu memenuhi satu indikator kemampuan representasi matematis

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Renaldy, Y., & Maarif, S. (2022). Analysis Study of Mathematical Representation Skills of High School Students Seen from the Perspective of Sociomathematical Norms. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 1856-1866. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.3703
Section
Articles
Author Biographies

Yudha Renaldy, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika

Samsul Maarif, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Dosen program studi pendidikan matematika

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.