Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Self Confidence Peserta Didik Pasca Pandemi Covid-19

Main Article Content

Muhammad Razfy
Trisna Roy Pradipta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self confidence peserta didik SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 283 Jakarta. Subjek penelitian yaitu berjumlah 36 peserta didik yang dikelompokkan lagi menjadi 3 peserta didik pada masing-masing kriteria self confidence yang dipilih menggunakan teknik proposive sampling berdasarkan self confidence yang dimiliki untuk dianalisis kemampuan berpikir kritis matematisnya. Instrumen pada penelitian ini yaitu angket self confidence, tes kemampuan berpikir kritis dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah penyajian data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik dengan self confidence tinggi mampu memenuhi 4 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Peserta didik dengan self confidence sedang mampu memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu analisis, evaluasi, inferensi. Peserta didik dengan self confidence rendah mampu memenuhi 1 indikator indikator kemampuan berpikir kritis yaitu analisis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Razfy, M., & Pradipta, T. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Self Confidence Peserta Didik Pasca Pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 1850-1855. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.3799
Section
Articles
Author Biographies

Muhammad Razfy, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika

Trisna Roy Pradipta, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika 

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.