PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ULAWENG KABUPATEN BONE

Main Article Content

Hasnidar Hasnidar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelompok dengan perlakuan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran ekspositori, (2) Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kontekstual, (3) Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Ulaweng   pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dan dipilih 2 kelas sebagai sampel dengan metode cluster purposive random sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif sebagai berikut: (1) Hasil belajar PKn  siswa yang diajar menggunkana pendekatan kontekstual berada pada kategori tinggi dengan rata-rata adalah 87.11 dengan standar deviasi adalah 3,19 dari skor maksimal 100, (2) Hasil belajar PKn siswa yang diajar menggunakan pendekatan ekspositori berada pada kategori sedang dengan rata-rata adalah 75.81 dengan standar deviasi adalah  4,65 dari skor maksimal 100.  Dari hasil analisis statistika inferensial, Fvalue < Ftable (2.494 < 3,98) sehingga H0 diterima atau tidak ada pengaruh secara signifikan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar PKn  siswa. Observasi menunjukkan, ada beberapa faktor yang membuat pendekatan kontekstual tidak berjalan optimal yaitu guru tidak terbiasa  menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran khususnya dalam menerapkan komponen pembelajarn pendekatan kontekstual. Guru mengalami kesulitan dalam mengelola waktu sehingga pelaksanaan komponen pendekatan kontekstual menjadi tidak maksimal. Hambatan dari faktor siswa yaitu siswa tidak terbiasa mengikuti proses pembelajaran yang menerapkan pendekatan konstekstual menyebabkan rendahnya partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hasnidar, H. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ULAWENG KABUPATEN BONE. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1(1), 42-47. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v1i1.39
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.