Pemberian Reinforcement Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Sumenep
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran daring masih terdapat pengimplementasian penguatan yang kurang tepat dilakukan oleh guru. Pembatasan aktifitas di luar rumah cukup menambah tugas guru untuk menentukan cara atau metode yang tepat dalam menyampaikan pembelajaran bagi siswa melalui daring dengan menggunakan teknologi seperti HP, laptop, dan gadget. Penggunaan teknologi yang membatasi ruang guru untuk menganalisis perubahan tingkah laku siswa menjadi faktor penghambat bagi guru untuk memberikan penguatan yang dapat menunjang peningkatan perilaku positif siswa dengan segera. Bahkan karena kendala tersebut, terkadang guru hanya mementingkan aspek transfer pengetahuan pada siswa saja.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Armadi, A., & Zainuddin, Z. (2022). Pemberian Reinforcement Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Sumenep. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1265-1269. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3948
Section
Articles
References
[1] Aini, Hurul, dkk, “Pemberian Penguatan (Reinforcement) Verbal Dan Nonverbal Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VIII MTSN Seririt”, e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Volume 7, No 2 (2017), [http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v7i2.12410]
[2] Armadi, A dan Astuti, Y, P, “Pembelajaran terpadu tipe webbed berbasis budaya lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar”, Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Vol. 8 No. 2 (2018), 185-195. [http://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3282].
[3] Al Halik, dkk.. “Aplikasi Penguatan Kepada Siswa Di Sekolah (Studi Kasus Pada Sma Negeri Kota Sungai Penuh)”. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol 8, No 1 (2019), 34-50. [https://doi.org/10.21009/INSIGHT.081.04].
[4] Armadi, A dan Sihabuddin, “Implementation Of A Local Culture Based Scientific Approach To Improve Your Creative Thinking Skills In Basic Teacher Education Students”, Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol. 8 No. 2 (2021), 12-24. [https://doi.org/10.21107/Widyagogik/v8i2. 8530]
[5] Armadi, A dan Ridwan, “The Improvement Of Student's Creative Thinking On The Theme Of Heat And Its Tranfer Through The Peer Teaching Method At Elementary School Of Paberasan I Sumenep”, Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol. 8 No. 2 (2021), 86-97. [https://doi.org/10.21107/widyagogik.v8i2.13260]
[6] Arifin, Muhammad, dan Ekayati, Rini. Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. (Medan: Umsu Press, 2021) 35
[7] Cahyani, N. W. A., dkk.. “Penguatan (Reinforcement) Verbal Dan Nonverbal Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Di Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri Bali Mandara”. JPBJ, Vol. 5, No. 2 (2019), 150-160. [https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fejournal.undiksha.ac.id%2Findex.php%2FJJBK%2Farticle%2FviewFile%2F3657%2F2945]
[8] Febianti, Yopi N. “Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pemberian Reward And Punishment Yang Positif”. Jurnal Edunomic, Vol. 6, No. 2(2018), 93-102. [http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1445]
[9] Haq Annajih, M. Z, dan Sa’diyah, I. “Pengembangan Panduan Permainan Tradisional Benteng Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SDN Lawangan Daya Pamekasan”. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, Vol. 01, No. 02 (2020), 129-140. [https://doi.org/10.32806/jkpi.v1i2.20]
[10] Halifah, Nur, dkk.. “Implementasi Pembelajaran Daring Di Era Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Kelurahan Dayu Kota Palu. At-Tajwih”, AL-TAWJIH, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1 (2021), 49-78. [https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/wjh/article/view/748/454]
[11] Irmawati, Wahyu. “Membangun Motivasi Belajar Peserta Didik SD Pada Masa Pandemi Menggunakan Reward”. Workshop Inovasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar, SHEs: Conference Series 3, No.4 (2020) , 833-839. [https://jurnal.uns.ac.id/shes]
[12] Kurniati, dan Ervina.. “Kemampuan Guru Menggunakan Penguatan (Reinforcement) Dalam Pembelajaran Di SMPN Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis”. Akademika: Jurnal Keagamaan Dan Pendidikan, Vol. 16, No. 1 (2020), 58-70. [https://media.neliti.com/media/publications/332431-kemampuan-guru-menggunakan-penguatan-rei-c4894539.pdf ]
[13] Lestari, dan Rita E. I.. “The Effectiveness Of Reinforcement Sensitivity Theory On Student Motivation Through Group Counseling Services”. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, Volume 6, No 1 (2020), 29-34. [https://www.researchgate.net/publication/342595467_The_effectiveness_of_reinforcement_sensitivity_theory_on_student_motivation_through_group_counseling_services]
[14] Maulidia, Lisa Nur, dkk.. “Pemberian Penguatan Perilaku Anak Dalam Pembelajaran Di Paud”. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 11, No.2 (2020), 123-133. [https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.26135]
[15] Nababan, Andrianus, dan Taruli, Dame.. “Hubungan Pemberian Penguatan Melalui Daring Dengan Motivasi Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Dinamika Pendidikan, Vol. 14, No. 1 (2021), 105-115. [https://doi.org/10.51212/jdp.v14i1.2106]
[16] Noviandari, Harwanti, dan Febriani, Evi.. “Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19”. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Volume 1, Nomor 2, (2020) [http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/alihsan/article/view/561/373]
[17] Nurcahya, Ade, dan Siti Hadijah, Hady.. “Pemberian Penguatan (Reinforcement) Dan Kreatifitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 5, No. 1 (2020), 83-96. [https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25855]
[18] Rahmah, Hardiyanti.. “Reinforcement Positive Untuk Meningkatkan Rawat Diri Anak Dengan Keterbatasan Intelektual”. Jurnal Ilmiah Al-Madrasah, Vol. 2, No. 2 (2018), 67-83. [http://dx.doi.org/10.35931/am.v0i0.26]
Profil Penulis
Profil singkat berupa narasi data kelahiran; pendidikan dari jenjang sarjana sampai pendidikan terakhir yang berisi prodi, dan tahun kelulusan serta pekerjaan/aktivitas yang dilakukan sampai saat ini.
[2] Armadi, A dan Astuti, Y, P, “Pembelajaran terpadu tipe webbed berbasis budaya lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar”, Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Vol. 8 No. 2 (2018), 185-195. [http://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3282].
[3] Al Halik, dkk.. “Aplikasi Penguatan Kepada Siswa Di Sekolah (Studi Kasus Pada Sma Negeri Kota Sungai Penuh)”. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol 8, No 1 (2019), 34-50. [https://doi.org/10.21009/INSIGHT.081.04].
[4] Armadi, A dan Sihabuddin, “Implementation Of A Local Culture Based Scientific Approach To Improve Your Creative Thinking Skills In Basic Teacher Education Students”, Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol. 8 No. 2 (2021), 12-24. [https://doi.org/10.21107/Widyagogik/v8i2. 8530]
[5] Armadi, A dan Ridwan, “The Improvement Of Student's Creative Thinking On The Theme Of Heat And Its Tranfer Through The Peer Teaching Method At Elementary School Of Paberasan I Sumenep”, Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol. 8 No. 2 (2021), 86-97. [https://doi.org/10.21107/widyagogik.v8i2.13260]
[6] Arifin, Muhammad, dan Ekayati, Rini. Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. (Medan: Umsu Press, 2021) 35
[7] Cahyani, N. W. A., dkk.. “Penguatan (Reinforcement) Verbal Dan Nonverbal Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Di Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri Bali Mandara”. JPBJ, Vol. 5, No. 2 (2019), 150-160. [https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fejournal.undiksha.ac.id%2Findex.php%2FJJBK%2Farticle%2FviewFile%2F3657%2F2945]
[8] Febianti, Yopi N. “Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pemberian Reward And Punishment Yang Positif”. Jurnal Edunomic, Vol. 6, No. 2(2018), 93-102. [http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1445]
[9] Haq Annajih, M. Z, dan Sa’diyah, I. “Pengembangan Panduan Permainan Tradisional Benteng Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SDN Lawangan Daya Pamekasan”. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, Vol. 01, No. 02 (2020), 129-140. [https://doi.org/10.32806/jkpi.v1i2.20]
[10] Halifah, Nur, dkk.. “Implementasi Pembelajaran Daring Di Era Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Kelurahan Dayu Kota Palu. At-Tajwih”, AL-TAWJIH, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1 (2021), 49-78. [https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/wjh/article/view/748/454]
[11] Irmawati, Wahyu. “Membangun Motivasi Belajar Peserta Didik SD Pada Masa Pandemi Menggunakan Reward”. Workshop Inovasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar, SHEs: Conference Series 3, No.4 (2020) , 833-839. [https://jurnal.uns.ac.id/shes]
[12] Kurniati, dan Ervina.. “Kemampuan Guru Menggunakan Penguatan (Reinforcement) Dalam Pembelajaran Di SMPN Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis”. Akademika: Jurnal Keagamaan Dan Pendidikan, Vol. 16, No. 1 (2020), 58-70. [https://media.neliti.com/media/publications/332431-kemampuan-guru-menggunakan-penguatan-rei-c4894539.pdf ]
[13] Lestari, dan Rita E. I.. “The Effectiveness Of Reinforcement Sensitivity Theory On Student Motivation Through Group Counseling Services”. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, Volume 6, No 1 (2020), 29-34. [https://www.researchgate.net/publication/342595467_The_effectiveness_of_reinforcement_sensitivity_theory_on_student_motivation_through_group_counseling_services]
[14] Maulidia, Lisa Nur, dkk.. “Pemberian Penguatan Perilaku Anak Dalam Pembelajaran Di Paud”. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 11, No.2 (2020), 123-133. [https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.26135]
[15] Nababan, Andrianus, dan Taruli, Dame.. “Hubungan Pemberian Penguatan Melalui Daring Dengan Motivasi Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Dinamika Pendidikan, Vol. 14, No. 1 (2021), 105-115. [https://doi.org/10.51212/jdp.v14i1.2106]
[16] Noviandari, Harwanti, dan Febriani, Evi.. “Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19”. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Volume 1, Nomor 2, (2020) [http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/alihsan/article/view/561/373]
[17] Nurcahya, Ade, dan Siti Hadijah, Hady.. “Pemberian Penguatan (Reinforcement) Dan Kreatifitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 5, No. 1 (2020), 83-96. [https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25855]
[18] Rahmah, Hardiyanti.. “Reinforcement Positive Untuk Meningkatkan Rawat Diri Anak Dengan Keterbatasan Intelektual”. Jurnal Ilmiah Al-Madrasah, Vol. 2, No. 2 (2018), 67-83. [http://dx.doi.org/10.35931/am.v0i0.26]
Profil Penulis
Profil singkat berupa narasi data kelahiran; pendidikan dari jenjang sarjana sampai pendidikan terakhir yang berisi prodi, dan tahun kelulusan serta pekerjaan/aktivitas yang dilakukan sampai saat ini.