IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Proses belajar mengajar IPS berdasarkan langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah pada materi bentuk masalah sosial kelas di SD Negeri 149 Lumbaja Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang (2) Hasil belajar IPS pada siswa Kelas IV dengan materi Bentuk Masalah Sosial di SD Negeri 149 Lumbaja Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang dengan mengimplementasikan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian. Data yang diperoleh melalui dua sumber yaitu informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, penilaian proses hasil belajar dan dokumentasi. Pengabsahan data di lakukan dengan uji kredibilitas data (validitas internal), uji transferability (validitas eksternal), dan uji confirmability (objektivitas), dan analisis dengan menggunakan konsep Miles dan Huberman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah menunjukkan bahwa (a) Guru dan siswa telah melaksanakan langkah-langkah Pembelajaran Berbasis Masalah dengan efektif dan efisien dengan melalui lembar observasi dalam beberapa tahap yaitu : mendefinisikan masalah, mendiagnosis masalah, menentukan strategi pemecahan masalah dan melakukan evaluasi. (2) hasil belajar IPS pada siswa Kelas IV dengan materi Bentuk Masalah Sosial SD Negeri 149 Lumbaja Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah mengalami peningkatan dari siklus I dengan Siklus II.