IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV

Main Article Content

Irman Syarif
Syaparuddin Syaparuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Proses belajar mengajar IPS berdasarkan langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah pada materi bentuk masalah sosial kelas di SD Negeri 149 Lumbaja Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang (2)  Hasil belajar IPS pada siswa Kelas IV dengan materi Bentuk Masalah Sosial di SD Negeri 149 Lumbaja Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang dengan mengimplementasikan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah  deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian. Data yang diperoleh melalui dua sumber yaitu informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, penilaian proses hasil belajar dan dokumentasi. Pengabsahan data di lakukan dengan uji kredibilitas data (validitas internal), uji transferability (validitas eksternal), dan uji confirmability (objektivitas), dan analisis dengan menggunakan konsep Miles dan Huberman. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah menunjukkan bahwa (a) Guru dan siswa telah melaksanakan langkah-langkah Pembelajaran Berbasis Masalah dengan efektif dan efisien dengan melalui lembar observasi dalam beberapa tahap yaitu : mendefinisikan masalah, mendiagnosis masalah, menentukan strategi pemecahan masalah dan melakukan evaluasi. (2) hasil belajar IPS pada siswa Kelas IV dengan materi Bentuk Masalah Sosial  SD Negeri 149 Lumbaja Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah mengalami peningkatan dari siklus I dengan Siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Syarif, I., & Syaparuddin, S. (2018). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1(1), 48-60. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v1i1.40
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.