Optimalisasi Fasilitas Lab Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Terpadu

Main Article Content

Kurnia Kurnia
Shafwan Nugraha
Andi Nursiskawati Siangka
Muhammad Arsyad
Mu’fidatul Nurul Hajjad
Elihami Elihami

Abstract

Pendidikan adalah sebuah system. Singkatnya, pendidikan saling berhubungan dan didikung beberapa komponen untuk mencapai tujuannya.  Salah satu komponan pendidikan adalah lembaga pendidikan. Artikel ini akan menguraikan fasilitas laboratorium bahasa sebagai media pembelajaran terintegrasi. Singkatnya, laboratorium bahasa dengan audiovisual dan multimedia dapat mendukung pendalaman proses pembelajaran bahasa khususnya bahasa inggris sebagai mata kuliah dasar umum di STIE Muhammadiyah Mamuju. Materi yang didukung oleh alat laboratorium bahasa meliputi stereo headset, tape repeater, LCD Proyektor, papan tulis, computer, LCD televice, audio box, video, CD/DVD-ROM, pendingin ruangan, karpet, meja dan kursi. Mengingat pentingnya peran Lembaga Bahasa, diharapkan semua lembaga pendidikan memiliki fasilitas ini. Lembaga yang telah memiliki fasilitas laboratorium bahasa diharapkan dapat mengelola fasilitas tersebut dengan baik agar proses pembelajaran tetap efektif dan optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kurnia, K., Nugraha, S., Siangka, A. N., Arsyad, M., Hajjad, M. N., & Elihami, E. (2020). Optimalisasi Fasilitas Lab Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Terpadu. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 476-483. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.4037
Section
Articles

References

Adams, Keith dan Rafael Dovale. 2001. Global Links: English for International Business. Essex: Addison Wesley Longman, Inc.

Astuti, Reni Intan Puji. 2015. Media Laboratorium Bahasa. Universitas Negeri Malang

Alexander, L.G. 1983. Question and Answers. Oxford : Oxford University Press

Atmowardoyo, H. (2017) ‘LABORATORIUM BAHASA MULTIMEDIA DAN FUNGSINYA DALAM’, (February 2005).

Badger, Ian. 2003. Everyday Business English. Essex: Pearson Education Limited.

Harahap, M. (2016) ‘Esensi Peserta didik Dalam perspektif Islam’, Jurnal Al-Thariqah , 1(2), pp. 140–155. Available at: http://expert.uir.ac.id/panel_expert/expert_publikasi_file/IPBc523620355e4b0.pdf.

Jacob, Miriam and Peter Strutt. 2001. English for International Tourism. Essex: Addison Weseley Longman Ltd.

Khitdhys. 2010. Laboratorium Bahasa Multimedia.
http://khitdhys.blogspot.co.id/2010/01/laboratorium-bahasa-multimedia-dan.html

Lambert, Valerie dan Elaine Murray. 2003. Everyday Technical English. Essex: Pearson Education Limited.

Nurkholis (2013) ‘PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI’, 1(1), pp. 24–44.

Oxford University. 2000. Oxford Practice Tests for the TOEIC Test. Oxford: Oxford University Press.

Philips, Deborah. 2001. Longman Complete Course for the TOEFL Test. Essex: Addison Wesley Longman, Inc.

Ramli, M. (2015) ‘HAKIKAT PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK’, Tarbiyah Islamiyah, 5(1), pp. 61–85. Available at: https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1825.

Richards, Jack.C.1992. American Breakthrough. Oxford : Oxford University Press. diposkan oleh Isna Hanifah di 3/16/2009 09:37:00 AM

Rusydi Ananda, M. P. and Oda Kinata Banurea, M. P. (2006) Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Pertama, CV. Widya Puspita. Pertama. Medan.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.