Islamic values planting Model based on Tara, Turu, Toro the Winulu Wakatobi community

Main Article Content

Muh. Hamiruddin S.
Romelah Romelah

Abstract

Eksistensi kearifan lokal, tradisi dan budaya leluhur mulai tergeser oleh budaya modern. Penanaman dan pemahaman nilai-nilai Islam berbasis kearifan lokal menjadi suatu yang penting dan harus diperhatikan oleh berbagai pihak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penanaman nilai-nilai Islam berbasis Tara, Turu, Toro di Komunitas Winulu Wakatobi Sulawesi Tenggara serta mengetahui model penanaman nilai-nilai Islam berbasis Tara, Turu, Toro di Komunitas Winulu Wakatobi Sulawesi Tenggara. Metode penelitian menggunkanan pendekatan kualitatif. Data dihimpun melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian memperoleh bahwa Penanaman nilai budaya Tara, Turu, Toro dalam pembentukan akhlak dan karakter Komunitas Winulu Wakatobi dimulai melalui 3 cara. Tara, Turu, Toro adalah kesucian, berdiri di jalan yang lurus, dan berpegang pada kebenaran yang tercermin pada 3 perilaku utama yaitu Ma’eka (merasa takut), Mo’ini (merasa malu) dan Rela (merasa ikhlas).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hamiruddin S., M., & Romelah, R. (2022). Islamic values planting Model based on Tara, Turu, Toro the Winulu Wakatobi community. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 1829-1833. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.4045
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.