Implementasi Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Dasar

Main Article Content

Syaiful Bahri
Mulyadi Mulyadi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi strategi guru dalam meningkatkan keterampilan berbahasa untuk anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakanmetode penelitian kualtatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi strategi guru dalam  meningkatkan keterampilan berbahasa untuk anak berkebutuhan khusus pada masa pandemic Covid-19 terdiri dari (1) perencanaan pembelajaran keterampilan berbahasa yang dilakukan oleh guru untuk anak autis dan anak kesulitan belajar; (2) pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbahasa yang dilakukan dengan strategi guru kunjung secara luring (luar jaringan) sesuai jadwal setiap minggu dan penugasan mandiri; (3) evaluasi pembelajaran sebagai refleksi dari setiap pembelajaran yang dilakukan; (4) hambatan yang terjadi pada setiap pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus dalam implementasi strategi guru kunjung mengacu pada ciri-ciri anak berkebutuhan khusus.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bahri, S., & Mulyadi, M. (2022). Implementasi Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1304-1310. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.4079
Section
Articles

References

Bahri, S. (2018). Implementation of Think Talk Write (TTW) Learning Model to Increase Learning Results Write Poetry o Grade 5 Elementary School. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 4 (1): 87-100
Dermawan. 2013. Strategi pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB. Junal Ilmiah Psikologi. Volume VI Nomor 2
Fatimah. 2018. Strategi Belajar dan Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 1 Nomor 2.
Iskandarwassid Dkk. 2015, Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja
Martono. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia (Pengantar Kajian Pembelajaran Efektif). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
Maruti, Endang. 2015. Pembelajaran Bahasa Jawa Sekolah Dasar. Magetan: CV. AE Media Grafika.
Kosasih. 2012. Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya
Kustawan, Deddy & Hermawan, Budi. 2013.Model Implementasi Pendidikan Inklusif Raman Anak. Jakarta: Luxima.
Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualiattif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, Muhammad IP. 2016. Strategi Pembelajaran Efektif Berbasir Mobile Learning pada Sekolah Dasar. Jurnal Iqra’. Volume 10 Nomor 01
Puspitasari. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Kembali Dengan Bahasa Sendiri Melalui Media FILM Dongeng Pada Peserta Didik Kelas VII MTS Mu’ Allimin Malebo Temanggung. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Seni Universitas Semarang.
Rosilawati, Ina. 2013. Trik Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Inklusif. Yogyakarta: Familia
Rosilawati, Ina. 2013. Trik Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Inklusif. Yogyakarta: Familia
Subini, Nini. 2014. Pengembangan Pendidikan Inklusi Berbasis Potensi. Yogyakarta:Maxima.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tarigan, Henry Guntur.2015. Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Ulber, Silalahi. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.