Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPA Tema 9 Kayanya Negeriku di SDN 4 Tallunglipu

Main Article Content

Yohanis Padallingan
Reni lolotandung
Topanus Tulak

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPA Tema 9 Kaya Negeriku Di SDN 4 Tallunglipu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA Tema 9 Kayanya Negeriku di SDN 4 Tallunglipu melalui model pembelajarn inkuiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Tallunglipu, pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 23 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, siklus I sebanyak 2 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik angket dalam motivasi belajar pada akhir siklus I dan Siklus II serta data hasil Observasi. Hasil penelitian dengan menggunakan metode inkuiri menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan motivasi belajar siswa dari kondisi awal sebesar 43,48% atau 10 siswa meningkat menjadi 15 siswa atau 65,22% dan mencapai angka 91,30% dari 75% batasan minimal yang telah ditentukan pada kriteria keberhasilan proses perbaikan pembelajaran pada siklus kedua, penerapan model pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA Tema 9 Kayanya Negeriku di SDN 4 Tallunglipu.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Padallingan, Y., lolotandung, R., & Tulak, T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPA Tema 9 Kayanya Negeriku di SDN 4 Tallunglipu. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1317-1323. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/4116
Section
Articles

References

Helaluddin, D. (2020). Penelitian dan Pengembangan Sebuah Tinjau Teori dan Praktik dalam Bidang Pendidikan (M. H. Dr. Tatu Siti Rohbiah (ed.); 1st ed.). Media Madani.
Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Bantaeng.
Khoiri, N. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. In Prosedur Penelitian.
Mediawati, E. (2010). Pengaruh motivasi belajar mahasiswa dan kompetensi dosen terhadap prestasi belajar. V(2), 134–146.
Nugroho, G. (2020). Analisis motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 16/II Sepunggur. Integrated Science Education Journal, 1(2), 67–71. https://doi.org/10.37251/isej.v1i2.67
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.
Riyanto, Y., & Oktariyanda, T. A. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Oktariyanda (ed.); Cetakan). Angkasa.
Sanjaya, W. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (R. Fahmi, Irfan (ed.); Ke-8). Kencana.
Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif,Kualitatif dan R&D. In Alfabeta (Issue 465).
Uno, H. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya (Junwinanto (ed.)). PT Bumi Aksara.
Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2018). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (N. Wedyawati & Y. Lisa (eds.); ke-1). CV Budi Utama.

Yusuf, Suhirman, Suastra, I. W., & Tokan, M. K. (2019). Model-Model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 1–26.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.