Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPA Tema 9 Kayanya Negeriku di SDN 4 Tallunglipu
Main Article Content
Abstract
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPA Tema 9 Kaya Negeriku Di SDN 4 Tallunglipu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA Tema 9 Kayanya Negeriku di SDN 4 Tallunglipu melalui model pembelajarn inkuiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Tallunglipu, pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 23 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, siklus I sebanyak 2 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik angket dalam motivasi belajar pada akhir siklus I dan Siklus II serta data hasil Observasi. Hasil penelitian dengan menggunakan metode inkuiri menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan motivasi belajar siswa dari kondisi awal sebesar 43,48% atau 10 siswa meningkat menjadi 15 siswa atau 65,22% dan mencapai angka 91,30% dari 75% batasan minimal yang telah ditentukan pada kriteria keberhasilan proses perbaikan pembelajaran pada siklus kedua, penerapan model pembelajaran inkuiri mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA Tema 9 Kayanya Negeriku di SDN 4 Tallunglipu.
Downloads
Article Details
References
Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Bantaeng.
Khoiri, N. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. In Prosedur Penelitian.
Mediawati, E. (2010). Pengaruh motivasi belajar mahasiswa dan kompetensi dosen terhadap prestasi belajar. V(2), 134–146.
Nugroho, G. (2020). Analisis motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 16/II Sepunggur. Integrated Science Education Journal, 1(2), 67–71. https://doi.org/10.37251/isej.v1i2.67
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.
Riyanto, Y., & Oktariyanda, T. A. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Oktariyanda (ed.); Cetakan). Angkasa.
Sanjaya, W. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (R. Fahmi, Irfan (ed.); Ke-8). Kencana.
Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif,Kualitatif dan R&D. In Alfabeta (Issue 465).
Uno, H. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya (Junwinanto (ed.)). PT Bumi Aksara.
Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2018). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (N. Wedyawati & Y. Lisa (eds.); ke-1). CV Budi Utama.
Yusuf, Suhirman, Suastra, I. W., & Tokan, M. K. (2019). Model-Model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 1–26.