Pengaruh Model Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan pemahaman konsep siwa kelas V SDN 009 Sendayan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 009 Sendayan dengan sampel kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data menujukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Predict-Observe-Explain (POE) yaitu sebesar 87,21 lebih tinggi jika dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model discovery learning yaitu sebesar 79,77. Hal ini juga terlihat dari hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig (2-tailed) (0,002) (0,05) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model Predict-Observe-Explain (POE) berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.
Kata Kunci: Model Predict-Observe-Explain (POE) dan Kemampuan Pemahaman Konsep