Pengaruh Model Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Pitri Humairoh
Amir Iuthfi
Musnar Indra Daulay

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan pemahaman konsep siwa kelas V SDN 009 Sendayan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 009 Sendayan dengan sampel kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data menujukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Predict-Observe-Explain (POE) yaitu sebesar 87,21 lebih tinggi jika dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model discovery learning yaitu sebesar 79,77. Hal ini juga terlihat dari hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig (2-tailed) (0,002)  (0,05) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model Predict-Observe-Explain (POE) berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.


Kata Kunci: Model Predict-Observe-Explain (POE) dan Kemampuan Pemahaman Konsep

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Humairoh, P., Iuthfi, A., & Daulay, M. I. (2022). Pengaruh Model Predict-Observe-Explain (POE) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1337-1343. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.4150
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.