Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Literasi dan Numerasi Peserta Didik di SD Islam Pertiwi Nusantara Makassar

Main Article Content

Khusnul Khatima
Wahyullah Alannasir
Erwin Nurdiansyah

Abstract

Tujuan peneliti dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan program kampus mengajar dalam peningkatan pembelajaran literasi dan numerasi serta untuk membandingkan faktor pendukung dan penghambat pada pelaksanaan program kampus mengajar dalam peningkatan pembelajaran literasi dan numerasi di SD Islam Pertiwi Nusantara Makassar. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yang dimaksudkan untuk mengumpulkan suatu informasi mengenai pelaksanaan program kampus mengajar sebagai usaha peningkatan pembelajaran literasi dan numerasi siswa secara dalam dan komprehensif. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan pembelajaran literasi dan numerasi pada peserta didik setelah adanya program kampus mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Khatima, K., Alannasir, W., & Nurdiansyah, E. (2022). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Literasi dan Numerasi Peserta Didik di SD Islam Pertiwi Nusantara Makassar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1329-1334. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/4166
Section
Articles

References

[1] Fauzi, Thuba I., Nurmaita P. Astuti, and Dwi N.U. Rahmawati. (2021). “Program Kampus Mengajar (Pkm) Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik Di Sdn 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.” Jurnal BUDIMAS 03(02): 483–90.
[2] Gunawan, Ikhsan. (2010). “Motivasi Kerja Guru Tidak Tetap Di Berbagai SMA Swasta Di Kota Semarang.”
[3] Habe, Hazairin, and Ahiruddin Ahiruddin. (2017). “Sistem Pendidikan Nasional.” Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis 2(1): 39–45.
[4] Indrawati, Sri Mulyani. (2021). “Merekam Pandemi Covid-19 Dan Memahami Kerja Keras Pengawal APBN.”
[5] Khatimah, Husnul. (2020). “Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri 32 Buakang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai.” 2507(February): 1–9.
[6] Prawanti, Lia Titi, and Woro Sumarni. (2020). “Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES: 286–91.
[7] Santoso, Didik Haryadi, and Awan Santosa. (2020). “Dalam Ragam Tinjauan.” LPPM Mercubuana: 1–479.
[8] Tahar, Rachman. (2018). “Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Motivasi Anak Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 5 Dumai.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.: 10–27.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.