Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Literasi dan Numerasi Peserta Didik di SD Islam Pertiwi Nusantara Makassar
Main Article Content
Abstract
Tujuan peneliti dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan program kampus mengajar dalam peningkatan pembelajaran literasi dan numerasi serta untuk membandingkan faktor pendukung dan penghambat pada pelaksanaan program kampus mengajar dalam peningkatan pembelajaran literasi dan numerasi di SD Islam Pertiwi Nusantara Makassar. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yang dimaksudkan untuk mengumpulkan suatu informasi mengenai pelaksanaan program kampus mengajar sebagai usaha peningkatan pembelajaran literasi dan numerasi siswa secara dalam dan komprehensif. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan pembelajaran literasi dan numerasi pada peserta didik setelah adanya program kampus mengajar.
Downloads
Article Details
References
[2] Gunawan, Ikhsan. (2010). “Motivasi Kerja Guru Tidak Tetap Di Berbagai SMA Swasta Di Kota Semarang.”
[3] Habe, Hazairin, and Ahiruddin Ahiruddin. (2017). “Sistem Pendidikan Nasional.” Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis 2(1): 39–45.
[4] Indrawati, Sri Mulyani. (2021). “Merekam Pandemi Covid-19 Dan Memahami Kerja Keras Pengawal APBN.”
[5] Khatimah, Husnul. (2020). “Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri 32 Buakang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai.” 2507(February): 1–9.
[6] Prawanti, Lia Titi, and Woro Sumarni. (2020). “Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES: 286–91.
[7] Santoso, Didik Haryadi, and Awan Santosa. (2020). “Dalam Ragam Tinjauan.” LPPM Mercubuana: 1–479.
[8] Tahar, Rachman. (2018). “Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Motivasi Anak Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 5 Dumai.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.: 10–27.