Implementasi Pendidikan Saintifik dalam Meningkatkan Budaya Literasi Selama Program Kampus Mengajar

Main Article Content

Aldina Ismail
Abrina Maulidnawati Jumrah
Erwin Nurdiansyah

Abstract

Tujuan peneliti dalam penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi penerapan budaya literasi, mengetahui proses peningkatan budaya literasi serta untuk membandingkan faktor pendukung dan penghambat implementasi pendekatan saintifik dalam meningkatkan budaya literasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Wali Kelas III dan Siswa Kelas III. Adapun instrument pengumpulan data adalah peneliti sendiri dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data (display data), dan verifikasi. Untuk uji keabsahan data meliputi kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan budaya literasi di SDN 70 Kasuarang khususnya di kelas III yaitu melakukan kegiatan membaca 15 menit sebelum melakukan pembelajaran. Hal tersebut dianggap masih kurang efektif dan kurang maksimal sehingga minat baca siswa masih sangat rendah; 2) pada proses peningkatan budaya literasi menunjukkan bahwa peneliti dan guru bekerja sama dalam dengan membuat program kerja khusus untuk peningkatan budaya literasi di sekolah tersebut agar siswa dapat membantu dirinya sendiri dalam melakukan banyak hal yang sebelumnya tidak ia kuasai; 3) faktor pendukung implementasi pendekatan saintifik dalam meningkatkan budaya literasi adalah (1) ketersediaan dan keterjangkauan sarana dan prasarana; (2) kemampuan guru dalam mengelola kelas ; (3) peran orang tua sebagai fasilitator. Sedangkan faktor penghambat pendekatan saintifik dalam meningkatkan budaya literasi adalah koneksi internet yang tidak stabil atau tiba-tiba mengalami gangguan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ismail, A., Jumrah, A. M., & Nurdiansyah, E. (2022). Implementasi Pendidikan Saintifik dalam Meningkatkan Budaya Literasi Selama Program Kampus Mengajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1324-1329. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/4167
Section
Articles

References

[1] Jannah, F., 2015. Implementasi Model Pembelajaran Konstektual Dalam Meningkatkan KualitasProses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PS2DM UNLAM. Vol. 1 (2): 19-24.
[2] Yusuf, W.F., 2018. Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) pada Mata Pelajaran Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 3 (2).
[3] Helaluddin, 2019. Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkat Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. Pendais. Vol. 1 (1): 44-55

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.