Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Model Kooperatif Tipe Cooperative Script di Sekolah Dasar

Main Article Content

Yona Febrianti
Rusdial Marta
Iis Aprinawati

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca nyaring dengan model kooperatif tipe cooperative script di sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca nyaring. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model cooperative script. Strategi penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui terdapat peningkatan hasil keterampilan membaca nyaring siswa melalui teks bacaan sebelum tindakan, rata-rata ketuntasan hasil keterampilan membaca nyring hanya 63,11, lalu pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 67,33, siklus I pertemuan II meningkat menjadi 71,33 selanjutnya siklus II pertemuan I meningkat menjadi 80,89 dan siklus II pertemuan II meningkat menjadi 92,22. Maka dapat disimpulkan penerapan model cooperative script dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa pada teks bacaan anak kelas III SDN 004 Salo.


Kata Kunci: Keterampilan Membaca Nyaring, dan Model Cooperative Script

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Febrianti, Y., Marta, R., & Aprinawati, I. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Model Kooperatif Tipe Cooperative Script di Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1330-1336. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.4175
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.