Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Learning Start With A Question (LSQ) di Sekolah Dasar

Main Article Content

Alpi Subahan
Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi
Iis Aprinawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 007 Pulau Gadang tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 11 orang siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Hasil kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 007 Pulau Gadang pada pratindakan nilai rata-rata 50,00 dengan persentase ketuntasan belajar 36%. Pada siklus 1 pertemuan I nilai rata-rata 60,81 dengan persentase ketuntasan belajar 36% dan pada siklus 1 Pertemuan II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 67,45 dengan persentase ketuntasan belajar 45%. Pada siklus 2 pertemuan I mengalami peningkatan juga dengan nilai rata-rata 79,00 dengan persentase ketuntasan belajar 64%, dan pada siklus 2 pertemuan II mengalami peningkatan lagi dengan nilai rata-rata 82,45 dengan persentase ketuntasan belajar 82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajan Learning Start With A Question (LSQ) dapat meningkatkan kemamampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 007 Pulau Gadang.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Subahan, A., Fadhilaturrahmi, F., & Aprinawati, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Learning Start With A Question (LSQ) di Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1344-1351. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.4176
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.