PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKADEMIK BAHASA INGGRIS MELALUI TEKNIK PENGAJARAN DICTOGLOSS (Penelitian Tindakan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP Muhamamdiyah Enrekang)
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis akademik bahasa Inggris melalui teknik pengajaran dictogloss. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan yang dilaksanakan pada program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, STKIP Muhamamdiyah Enrekang. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumen dan tes. Hasil dari analisis data kualitatif mengindikasikan bahwa setiap siklus partisipasi melakukan secara antusias dan memiliki motivasi yang tinggi, menulis rekonstruksi esai dengan sangat baik sehingga proses pembelajaran berjalan dengan sangat baik. Sedangkan, analisis data kualitatif menunjukkan penerapan teknik pengajaran dictogloss dapat meningkatkan keterampilan menulis esai akademik mahasiswa yang dibuktikan dengan hasil mahasiswa. Post tes pada siklus I, skor hanya 20,93 tetapi meningkat menjadi 5 poin menjadi 25,27 pada siklus ke II. Ini berarti bahwa, ada 20 % partisipan mendapatkan band > 6 pada siklus ke II dan 73 % partisipan memperoleh band > 6 pada siklus ke II.