Aktivitas Smatren Ramadhan dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Peserta Didik
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang aktivitas smatren ramadhan dalam menumbuhkan pendidikan karakter peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif di SMKN 1 Cikalongkulon, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Agama Islam pada sekolah umum telah melaksanakan berbagai program. Program tersebut berupa kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler, kegiatan ekstrakurikuler peringatan hari besar Islam, pesantren kilat dan kegiatan keIslaman lainnya. Pesantren kilat (Sanlat) diselenggarakan setiap bulan suci Ramadhan tiba. Hal ini diwujudkan untuk membimbing peserta didik agar memiliki wawasan ilmu agama Islam yang luas, berakhlak mulia dan pada akhirnya diharapkan agar mereka menjadi anak-anak yang shaleh dan shalehah. Kegiatan smartren ini diharapkan siswa dapat : 1) Meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan peserta didik terhadap ajaran Islam sehingga menjadi muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt, 2) Mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, 3) Meningkatkan akhlakul karimah peserta didik dalam hubungan nya dengan Allah Swt, dengan orang tua, sesama manusia lainnya, dan dengan lingkungan hidup yang lainnya, dan 4) Termotivasi untuk membaca Al-Qur’an, memahami, dan memfungsikan nilai-nilai Al-qur’an.
Downloads
Article Details
References
[2] Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.
[3] Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823.
[4] Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti Persada.
[5] Nasem, N. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang. Jurnal Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 2(3), 209–218.
[6] Safarina. (2016). Etika Pendidikan: Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
[7] Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
[8] Tanjung, R. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.
[9] Muhaimin. (2016). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogyakarta: ArRuzz Media.
[10] Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
[11] Sofyan, Y. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta Wilayah LLDIKTI IV. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.
[12] Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.
[13] Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
[14] Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
[15] Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.
[16] Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.
[17] Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109.
[18] VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.