Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa dalam Meneladani Kehidupan dari Cerita Pendek Melalui Penugasan di Aplikasi LMS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas terkait dengan upaya peningkatan keterampilan menulis siswa dalam meneladani kehidupan dari cerita pendek melalui penugasan di aplikasi LMS. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Dari hasil pengolahan data maka diperoleh kesimpulan bahwa kualitas pembelajaran menulis teladan kehidupan dalam cerita pendek dapat meningkat melalui penugasan di aplikasi LMS. Pada saat dilaksanakan pembelajaran menulis teladan kehidupan dalam cerita pendek melalui penugasan di aplikasi LMS ini menunjukkan adanya perubahan sikap yang positif terhadap proses pembelajaran menulis teladan kehidupan dalam cerita pendek. Melalui penugasan di aplikasi LMS para siswa mulai di mudahkan dalam menemukan ide dan mengembangkannya menjadi teks cerita pendek. Pembelajaran melalui penugasan di aplikasi LMS dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam meneladani kehidupan dari cerita pendek. Peningkatan keterampilan menulis siswa dalam meneladani kehidupan dari cerita pendek dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata menulis teladan kehidupan dalam cerita pendek siswa antara tahap pasca tindakan dengan pratindakan.
Downloads
Article Details
References
[2] MF AK. (2021). Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.
[3] Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Bandung: Widina Media Utama.
[4] Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.
[5] Akhaidah. (2014). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
[6] Tarigan. (2018). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
[7] Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
[8] Darmadi. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi.
[9] Wishnubroto. (2010). Kiat Menulis. Yogyakarta: Kanisius.
[10] Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
[11] Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.
[12] Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.
[13] Tanjung, R. (2020). Pengembangan UKM Turubuk Pangsit Makanan Khas Kabupaten Karawang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 323–332.
[14] Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.
[15] Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
[16] Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.
[17] Arifudin, O. (2021). Implementasi Balanced Scorecard dalam Mewujudkan Pendidikan Tinggi World Class. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 767–775.
[18] Tanjung, R. (2019). Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 234–242.
[19] Arifudin, O. (2020). Pengaruh Kompensasi Dan Pengawasan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Global Media. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), 409–416.
[20] Tanjung, R. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.
[21] VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.