Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Menyusun Instrumen Penilaian Melalui in House Training (IHT) pada Guru PAI SMA/SMK

Main Article Content

Iwan Syarif Hidayat

Abstract

Penelitian Tindakan Kepengawasan tentang Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan oleh guru guru yang ada di wilayah Kabupaten Garut. Penelitian dilakukan di wilayah Kabupaten Garut dengan melibatkan satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Jumlah sampel seluruhnya 29 guru. Adapun metode penelitian yang digunakan menggunakan metode korelasional. Dari hasil penelitian sebanyak 29 guru diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara meningkatkan keterampilan guru dengan menyusun instrumen penilaian sebesar 0,426; 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara menyususun instrumen penilaian dengan in house training, sebesar 0,464; 3). Terdapat hubungan yang signifikan antara meningkatkan keterampilan guru dengan in house training sebesar 0,515. Hal ini menunjukkan bahwa semakin guru meningkatkan keterampilan dalam menyusun instrumen penilaian melalui in house training maka akan semakin baik pula instrumen penilaian yang dihasilkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hidayat, I. S. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Menyusun Instrumen Penilaian Melalui in House Training (IHT) pada Guru PAI SMA/SMK. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1398-1404. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/4249
Section
Articles

References

[1] Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109.
[2] Mulyasa. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS Dan KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
[3] Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.
[4] Tanjung, R. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.
[5] Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.
[6] Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.
[7] Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.
[8] PP nomor 19 tahun 2005 Tentang penilaian
[9] Permendikbud nomor 66 Tahun 2013 Tentang penilaian
[10] Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823.
[11] Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.
[12] Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.
[13] Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
[14] Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.
[15] Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.
[16] Arifudin, O. (2020). Implementasi Sistem penjaminan mutu internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Program Studi. Jurnal Al-Amar (Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan), 1(3), 1–11.
[17] Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.
[18] Tanjung, R. (2020). Pengembangan UKM Turubuk Pangsit Makanan Khas Kabupaten Karawang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 323–332.
[19] Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
[20] UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.