Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sesuai dengan karakteristik Gaya Belajar

Main Article Content

Mayangsari Nikmatur Rahmi
M.Agus Samsudi

Abstract

Latar belakang, tingkat pengetahuan,serta gaya belajar yang tidak sama serta mempunyai  caranya sendiri dalam belajar. Penyesuaian pewujudan sistem pembelajaran dengan gaya belajar peserta didik untuk memperoleh materi, model penyajian dan penyocokannya harus di sesuaikan. media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. media pembelajaran merupakan sebuah bentuk fisik atau sebuah teknis dalam dunia pembelajaran yang dapat membantu pendidik mempermudah untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik sehingga memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran yang telah direncanakan atau di rumuskan dengan baik. Pada zaman milenial saat ini, teknologi  selalu menemani kehidupan manusia, tidak bisa terlepas dalam keseharian. Teknologi merupakan  fitur baru  di dunia pendidikan. Seperti sistem pengajaran berbasis multimedia.Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdasakan kehidupan bangsa. Dengan demekian, pembelajaran di sekolah perlu dikembangkan untuk membentuk karakteristik belajar peserta didik. Pembelajaran disekolah memang tidak terlepas dari media pembelajaran dan sumber belajar dapat dikombinasikan berbasis teknologi, berapa diantaranya yaitu media audio, media visual, media audivisual, dan media serba neka. Dalam hal ini karakteristik gaya belajar merupakan hal penting yang dimiliki setiap peserta didik yang berbeda-beda sehingga dalam belajar membutuhkan cara yang ditempuh agar peserta didik memahami pelajaran. Setiap peserta didik memiliki gaya unik tersendiri dalam memahami pe;ajaran, adapun pilihan peserta didik terhadap gaya belajar merupakan cara terbaik dengan tujuan penyerapan pelajaran dengan cepat. Setiap peserta didik mempunyai kombinasi untuk memahami bagaimana caranya menyerap informasi, kemudian mengatur sendiri untuk memahami bagaimana caranya menyerap informasi, kemudian mengatur sendiri informasi yang didapat tersebut sehingga pemilihan pembelajaran tepat sesuai gaya belajar masing-masing peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahmi, M., & Samsudi, M. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sesuai dengan karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355-363. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.439
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.