Development of English Learning Media for Elementary School Students Assisted Augmented Reality Technology Based Android

Main Article Content

Fairus Suryani Munir
Putri Wanti

Abstract

Media belajar Bahasa inggris berbasis buku teks masih banyak digunakan dalam proses pembelajaran sehingga membuat suasana pembelajaran kurang menarik bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hasil Uji testing, Validitas dan Praktikalitas Media Pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa sekolah dasar dengan berbantuan Teknologi Augmented Reality berbasis Android sehingga nanti nya dapat di gunakan dan dimanfaatkan  sebagai salah satu media pembelajaran Bahasa Inggris karena aplikasi tidak hanya menampilkan kata-kata tetapi juga menampilkan animasi yang merupakan tiruan dari benda yang dimaksud dalam 3 dimensi yang tentu nya akan menimbulkan ketertarikan pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah Metode RnD dengan menggunakan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Adapun instrument yang digunakan yaitu Lembar Observasi Uji Testing Produk AR, Lembar Angket Validitas dan Praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan padai tahapan blackbox testing 23 marker dapat menampilkan objek 3D dan suara dengan baik dan jelas, marker dapat ditampilkan sampai ketinggian 1 meter dengan derajat kemiringan 0°- 60°, namun di ketinggian 1,25 meter dengan derajat kemiringan 0°- 30°, spesifikasi perangkat mobile yang terpasang adalah minimum OS android 7 dan dapat berfungsi dengan baik minimum RAM yang dibutuhkan adalah 2GB, Validitas rata-rata augmented reality sebagai media pembelajaran bahasa inggris untuk siswa sekolah dasar berbasis android dari ahli materi adalah 90 dengan kategori sangat valid dan ahli media sebesar 85 dengan kategori sangat valid, dan Praktikalitas dari augmented reality sebagai media pembelajaran bahasa inggris untuk siswa sekolah dasar berbasis android berada pada skor rata-rata 88 dengan kategori sangat praktis dan menunjukkan respon positif dari para siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Munir, F., & Wanti, P. (2022). Development of English Learning Media for Elementary School Students Assisted Augmented Reality Technology Based Android. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 1839-1849. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.4392
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.