Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Swasta At-Taubah Karawang

Main Article Content

Aryati Oktapiani
Sya’roni Ma’shum
M Taufik BK

Abstract

Pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan. Salah satu upaya untuk mencapai keberhasilan pendidikan adalah pengembangan kurikulum. Kurikulum merupakan alat yang sangat penting dalam menentukan arah pendidikan dan apa yang dibutuhkan untuk pengembangan pendidikan, sehingga berhasil tidaknya pendidikan sangat tergantung pada kurikulum yang ada. Peran yang sangat dominan adalah peran manajer, yang merupakan kunci untuk mencapai tujuan pendidikan. Peneliti ini menggunakan data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan berbagai data deskriptif namun deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumenter. Data yang terkumpul dianalisis secara induktif dalam tiga tahap yaitu organisasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berikut adalah temuan penelitian ini: (1) Peran Kepala Sekolah sebagai Leader dalam Pengembangan Kurikulum (2) Peran Kepala Sekolah sebagai Leader dalam Pengembangan Kurikulum (3) Peran Kepala Sekolah sebagai Leader dalam Pengembangan Kurikulum Kepemimpinan Supervisi Kurikulum dalam pengembangan kurikulum dengan membimbing dan memberdayakan guru utama untuk memberikan instruksi individual dan mendukung kegiatan pengawasan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Oktapiani, A., Ma’shum, S., & BK, M. T. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Swasta At-Taubah Karawang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 1056-1061. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.4670
Section
Articles

References

[1] Basri, Hasan, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2009.
[2] E.Mulyasa, Manajemen Berbasis Madrasah, Bandung: Rosdakarya, 2004.
[3] Fakhri syafrizal, 2006, jurnal manajemen kepemimpinan dan supervisi pendidika, peran kepala sekolah dalam pengembangan manajemen sekolah sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan, volume 1 : 67, 20 0ktober 2019.
[4] Hamalik, Oemar., (2012), Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Rosdakarya Offset.
[5] Oemar Hamalik, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdayakarya, 2010.
[6] Rohiat, Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Refika Aditama, 2008.
[7] Suryo Subroto. B, Manajemen Pendidikan Madrasah, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.