Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Swasta At-Taubah Karawang
Main Article Content
Abstract
Pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan. Salah satu upaya untuk mencapai keberhasilan pendidikan adalah pengembangan kurikulum. Kurikulum merupakan alat yang sangat penting dalam menentukan arah pendidikan dan apa yang dibutuhkan untuk pengembangan pendidikan, sehingga berhasil tidaknya pendidikan sangat tergantung pada kurikulum yang ada. Peran yang sangat dominan adalah peran manajer, yang merupakan kunci untuk mencapai tujuan pendidikan. Peneliti ini menggunakan data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan berbagai data deskriptif namun deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumenter. Data yang terkumpul dianalisis secara induktif dalam tiga tahap yaitu organisasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berikut adalah temuan penelitian ini: (1) Peran Kepala Sekolah sebagai Leader dalam Pengembangan Kurikulum (2) Peran Kepala Sekolah sebagai Leader dalam Pengembangan Kurikulum (3) Peran Kepala Sekolah sebagai Leader dalam Pengembangan Kurikulum Kepemimpinan Supervisi Kurikulum dalam pengembangan kurikulum dengan membimbing dan memberdayakan guru utama untuk memberikan instruksi individual dan mendukung kegiatan pengawasan.
Downloads
Article Details
References
[2] E.Mulyasa, Manajemen Berbasis Madrasah, Bandung: Rosdakarya, 2004.
[3] Fakhri syafrizal, 2006, jurnal manajemen kepemimpinan dan supervisi pendidika, peran kepala sekolah dalam pengembangan manajemen sekolah sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan, volume 1 : 67, 20 0ktober 2019.
[4] Hamalik, Oemar., (2012), Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Rosdakarya Offset.
[5] Oemar Hamalik, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdayakarya, 2010.
[6] Rohiat, Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Refika Aditama, 2008.
[7] Suryo Subroto. B, Manajemen Pendidikan Madrasah, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.