Improving Students' Listening Comprehension Using the Dictogloss Technique
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman menyimak dengan menggunakan Teknik Dictogloss di kelas VIII SMP N 1 Sirombu. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti melakukan Metode PTK yang diterapkan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan seperti perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, catatan lapangan dan lembar evaluasi siswa. Hasil pendataan pada Siklus I menunjukkan bahwa terdapat 1 siswa (5%) yang mendapat nilai antara 1-25 tergolong “kurang”; 9 siswa (45%) mendapat nilai antara 26-56 yang tergolong “cukup”; 9 siswa yang mendapat nilai di antara 5775 tergolong “Baik”, dan terdapat 1 siswa (5%) yang mendapat nilai diantara 76-100 tergolong “Sangat Baik”. Nilai rata-rata siswa 55, nilai maksimal 80 dan nilai minimal 25. Sedangkan pada Siklus II 15 siswa (75%) mendapat nilai antara 57-75 tergolong “baik” dan 5 siswa (25%), yang mendapat nilai antara 76-100 tergolong “Tingkat Sangat Baik”. Rata-rata nilai siswa adalah 75, nilai maksimal 85 dan nilai minimal 70. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Teknik Dictogloss meningkatkan kemampuan siswa dalam pemahaman menyimak di kelas VIII SMP N 1 Sirombu tahun 2020/2021.