Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan

Main Article Content

Ismail Ismail
https://orcid.org/0000-0003-3859-5719
Hasan Hasan
Musdalifah Musdalifah

Abstract

Aspek terpenting dalam program magang adalah menyiapkan lulusan calon pendidik yang profesional diperlukan pentahapan sejak dari kemampuannya mengenali, mengamati sekolah sampai dengan dapat berdiri mengajar di kelas sebagai sosok yang dinanti dan dirindu oleh peserta didiknya dibutuhkan proses panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana program magang dapat menguatkan kompetensi calon guru yang terdiri dari 1) Kompetensi Paedagogik, 2) Kompetensi Profesional, 3) Kompetensi Sosial, dan 4) Kompetensi Kepribadian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan kompetensi mahasiswa melalui program magang meliputi aspek: kompentesi pedagogik, kompentensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian sosial telah mencapai standar profesi dan dijadikan sebagai tauladan bagi calon guru. Mahasiswa magang 2 sudah memiliki konsep dalam menyusun Rencana Proses Pembelajaran (RPP), yang terdiri dari pengetahuan membuat perencanaan pengajaran, pelaksanaan pengajaran, sampai pada evaluasi pengajaran, dan bahkan sarana dan prasarana, serta administrasi kesiswaan. Mahasiswa juga memperoleh kompetensi kepribadian dalam wujud softskill meliputi: keterampilan berkomunikasi, keterampilan beradaptasi dalam pekerjaan, keterampilan mengelola kerja tim, keterampilan bersosialisasi, serta ketelitian dalam bekerja. kompetensi tersebut dapat terinternalisasi di dalam diri mahasiswa sebagai insan akademik dengan ditopang beberapa matakuliah penunjang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ismail, I., Hasan, H., & Musdalifah, M. (2018). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 124-132. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.48
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.