Problems of Implementing the Independent Curriculum in the Subject of Islamic Religious Education at SDN Selajambe 3 Sukaluyu Cianjur
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum mandiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Selajambe 3 Sukaluyu Cianjur dan permasalahan yang terjadi dalam proses implementasinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah pada penerapan kurikulum mandiri, guru PAI masih kesulitan mengubah pola pikir atau kebiasaan lama dalam mengajar, masih terbawa suasana pembelajaran pada kurikulum 2013 dan masih belum memahami secara detail mengenai pembedaan pembelajaran sehingga ditemukan sulit menerapkannya dalam pembelajaran karena PAI memerlukan fokus pembelajaran praktik secara menyeluruh. karena dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terdapat beberapa materi ibadah yang membutuhkan latihan agar hasilnya maksimal. Guru PAI juga dibingungkan dengan banyaknya berbagai macam perangkat pembelajaran yang harus dilakukan sebelum pembelajaran. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah guru PAI menambah wawasan dan mencoba hal-hal baru diantaranya berbagai metode pembelajaran, meningkatkan kreativitas mengajar dan juga rajin mengikuti workshop serta sharing dengan guru lainnya.