PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI POKOKPEMBAHASAN SISTEM REPRODUKSI MANUSIA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1BARAKA KABUPATEN ENREKANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang mengacu pada model pengembangan 4-D atau model Thiagaraja yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap define (fendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan desseminate (penyebaran. Dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran bagaimana cara pengembangan bahan ajar yang valid dan efektif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 5 Baraka tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian dibagi atas dua yaitu instrumen pengujian kevalidan yang berupa angket dan instrumen pengujian keefektifan berupa lembar tes hasil belajar siswa, lembar observasi dan aktifitas siswa. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan uji coba kevalidan buku ajar yang dikembangkan berada pada kategori valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 3,14. Sedangkan penilaian untuk hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata 87,18 %, jumlah siswa yang tuntas pada proses pembelajaran adalah 29 orang atau sekitar 88% dan yang tidak tuntas sebanyak 4 orang atau sekitar 12%. Hal ini menandakan buku ajar yang dikembangkan efektif digunakandalam proses pembelajaran. Respon siswa lebih dari 50% memberikan respon positif terhadap buku ajar yang dikembangkan serta berminat untuk mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme. Sedangkan pengamatan Aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran sudah cukup baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa buku ajar yang dikembangkan memenuhi kategori valid dan efektif.