Implemented Environmentally Sound Islamic Religious Education In High Schools

Main Article Content

Mirzon Daheri
Bambang Ismaya
Gamar Al Haddar
Kholis Ernawati

Abstract

Terkait impelementasi pendidikan terhadap lingkungan, seharusnya pendidikan agama Islam sudah membentuk kesadaran peduli lingkungan, akan tetapi yang terjadi, pendidikan agama Islam lebih fokus pada permasalahan dan minim mengkaji tentang lingkungan. Pendidikan lingkungan terintegrasi dengan pendidikan agama Islam. Hal ini sesuai dengan permasalahan bagaiamana implementasi pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup di sekolah tujuan peneliian ini untuk mendekripsikan implementasi pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup sekolah menengah atas. Metode penelitian menggunakan model case study deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan wawancaraa dan observasi. Teknik anaslis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam peneltian dalam implementasi pendidikan agama Islam berwawasan lingkungan hidup di sekolah menengah atas membuat suatu program – program seperti intrakulikuler, kokulikuler dan eksrakulikuler yang membuat tentang wawasan lingkungan hidup bersih – bersih dan membaca Al – Qur’an setiap hari jum’at, berpakian rapih dantuturkata yang sopan, hal ini bisa di contohkan kepada peserta didik ketika terjun di sosial lingkungan sekitanya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Daheri, M., Ismaya, B., Al Haddar, G., & Ernawati, K. (2022). Implemented Environmentally Sound Islamic Religious Education In High Schools. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 3166-3170. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.5298
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.