Improving Children’s Pre Reading Ability through Smartphone Based Learning Video Media in RA Mutiara Ambon

Main Article Content

Erna Budiarti
Jamiatun Jamiatun
Nurhidayati Udjir
Rohana Rohana
Titin Rahayu

Abstract

Kajian ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan Pra Baca Anak RA Mutiara Waeheru Ambon pada Tahun Pelajaran 2022/2023 melalui media video pembelajaran smartphone. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif berupa survei dengan melakukan observasi terhadap anak dan lingkungan sekitar, berinteraksi dengan mereka dengan menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat diperoleh dengan menggunakan prosedur statistik atau cara pengukuran lainnya. Kajian kualitatif ini juga dapat diartikan sebagai suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif tuturan, tulisan atau tingkah laku anak selama observasi. Smartphone merupakan salah satu media yang sangat menyita perhatian serta waktu anak-anak untuk menggunakannya. Bagaimana Smartphone ini bisa meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam pra baca. Dengan demikian lingkungan belajar akan menjadi nyaman, menarik dan menyenangkan sehingga terwujud pembelajaran yang aktif, kolaboratif dan mandiri serta mandiri dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran video smartphone gratis dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak di RA Mutiara Waeheru Ambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumen pendukung lainnya. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman, Penggunaan video pembelajaran berbasis smartphone dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Budiarti, E., Jamiatun, J., Udjir, N., Rohana, R., & Rahayu, T. (2022). Improving Children’s Pre Reading Ability through Smartphone Based Learning Video Media in RA Mutiara Ambon. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 3206-3210. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i2.5300
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.