Game Online dan Pengaruh Interaksi Sosial di Kalangan Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Main Article Content

Salsabilla Senja Safitri

Abstract

 


Tujuan dari penelitian ini adalah memahami bagaimana interaksi sosial mahasiswa pecandu game online dengan lingkungan sosial hubungannya akan menjadi kurang baik dan komunikasi secara langsung akan terganggu dan memahami bahwa tidak selalu game online mempunyai dampak negatif karena manusia mampu menciptakan kreatifitas dari temuan-temuan baru seperti permainan online atau bisa disebut game online.


Sampel penelitian ini diambil menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang mempelajari tentang fenomena yang terjadi. Penelitian ini tidak menggunakan penelitian yang baku, tujuan penelitian ini mencari dan memahami yang terdapat dalam data, mengumpulkan data dengan prinsip fenomenologis dan penelitian tersebut disebut penelitian inquiri naturalistik mendalami penelitian yang sifatnya alamiah. Total 7 informan surakarta melalui wawancara secara tidak langsung untuk mengetahui dampak game online dalam interaksi sosial baik negatif maupun positif.


Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan positif game online dalam interaksi sosial yang mereka lakukan. Pengaruh negatif yaitu banyak menghabiskan waktunya dalam bermain game online akan menjauhkan mereka dengan kehidupan dunianya. Sedangkan pengaruh positif yaitu mampu berinteraksi dengan cara berkomunikasi dalam game online karena adanya keterjangkauan jarak untuk bertemu. Sehingga pentingnya interaksi sosial dengan membatasi dan mengatur pola yang baik dan menjadikan game online sebagai permainan yang mengisi waktu luang sehingga mahasiswa terhindar dari kecanduan game online.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Safitri, S. (2020). Game Online dan Pengaruh Interaksi Sosial di Kalangan Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 364-376. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.533
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.