The Use of Pictures as Making Inferences Tool to Improve Students’ Listening Comprehension Fluency
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan gambar sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimental. Pre-test dan post-test digunakan sebagai instrumen dalam mengumpulkan data. Penulis menggunakan satu kelas dari dua belas kelas di MA Swasta Karawang sebagai sampel. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 89,4, perhitungan statistik menunjukkan hasil To (t-observasi) > t (t-tabel) yang diperoleh adalah 17,986 sedangkan nilai Tt adalah 1,721 dengan taraf signifikan 5% (0,05), karena To lebih tinggi daripada Tt, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dari hasil analisis ini, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media gambar merupakan media yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa.