Efforts To Improve Capabilities PAI Teacher In Implementing Differentiated Learning Using The Method Coaching And Media Google Sites In The Kurikulum Merdeka Era
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya meningkatkan kemampuan guru PAI dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan metode coaching dan media google sites di era kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ternyata guru masih belum memahami tentang pembelajaran berdiferensiasi, dan kepala sekolah pun masih kesulitan bagaimana melaksanakan supervisinya. Untuk itu maka dilakukanlah pendampingan implementasi dan supervisi dengan menggunakan metode coaching dan media Google Sites. Coaching yang dilakukan menggunakan model GROW dan Google Sites digunakan sebagai panduan bagi guru dalam membuat perencanaan sekaligus tempat untuk mendokumentasikan produk dan proses pembelajaran. Hasil pendampingan menunjukkan bahawa guru dapat melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi dan kepala sekolah juga mampu melaksanakan supervisi kelas dengan baik. Satu hal yang masih harus ditingkatkan adalah keterampilan guru dalam menyusun instrumen penilaian dan melaksanakannya di kelas.