Implementasi Nilai Pancasila bagi Sekolah Dasar

Main Article Content

Hesti Hopipah Aliyani
Dinie Anggraeni Dewi
Yayang Furipurnamasari

Abstract

Penelitian ini dilakukan searah dengan perkembangan teknologi, dimana banyak sekali kekacauan dan kurangnya moral dimasyarakat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kasus-kasus seperti tawuran, korupsi, kejahatan sosial, pencurian dan berakhir pada pembunuhan. Hal ini tentu saja tidak boleh dibiarkan oleh karena itu perlu adanya perbaikan moral di masyarakat tersebut. Pada kajian penelitian ini metode yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan secara deskriptif. Dasar atau teori dari pada pembahasan kali ini didapat dari hasil studi literatur atau kepustakaan yang didapatkan dari beberapa sumber-sumber yang relevan seperti buku, jurnal, dan artikel. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sehingga mendapatkan cara untuk mengurangi kekacauan dan kerusakan moral di masyarakat. Pancasila sebagai ideologi negara yang memiliki nila-nilai seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan merupakan cara untuk mengurangi kerusakan moral di masyarakat. Pelaksanaan dan pengimplementasian nilai Pancasila harus ditanamkan sejak berada di bangku sekolah dasar sehingga dapat membentuk suatu karakter dan moral yang dapat meningkatkan kualitas bangsa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aliyani, H. H., Dewi, D. A., & Furipurnamasari, Y. (2021). Implementasi Nilai Pancasila bagi Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 1072-1078. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/5473
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.