Application of the Market Place Activity Method to Improve Student Activity in Learning PAI Materials on the History of The Development of Islam in Nusantara
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian yang mengembangkan best practice, dengan tujuan untuk mengetahui penerapan metode market place activity untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam, pada materi sejarah perkembangan Islam di nusantara pada kelas IX B SMPN 2 Karang Tengah Kabupaten Cianjur. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran dengan metode Market Palce Activity layak dijadikan praktik baik dalam pembelajaran PAI karena dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar, mentransfer pengetahuan, berpikir kritis, dan menyenangkan. Dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) secara sistematis dan cermat, pembelajaran PAI dengan metode Market Palce Activity yang dilaksanakan tidak sekadar mentransfer pengetahuan, tetapi juga mengintegrasikan PPK, literasi, dan kecakapan abad 21.