Application of the Market Place Activity Method to Improve Student Activity in Learning PAI Materials on the History of The Development of Islam in Nusantara

Main Article Content

Rina Khoridah

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang mengembangkan best practice, dengan tujuan untuk mengetahui penerapan metode market place activity untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam, pada materi sejarah perkembangan Islam di nusantara pada kelas IX B SMPN 2 Karang Tengah Kabupaten Cianjur. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  Pembelajaran dengan metode Market Palce Activity layak dijadikan praktik baik dalam pembelajaran PAI karena dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melakukan aktivitas belajar, mentransfer pengetahuan, berpikir kritis, dan menyenangkan. Dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) secara sistematis dan cermat, pembelajaran PAI dengan metode Market Palce Activity  yang dilaksanakan tidak sekadar mentransfer pengetahuan, tetapi juga mengintegrasikan PPK, literasi, dan kecakapan abad 21.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Khoridah, R. (2023). Application of the Market Place Activity Method to Improve Student Activity in Learning PAI Materials on the History of The Development of Islam in Nusantara. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 592-596. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/5561
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.