Ability to Memorize Daily Prayers in Class III Students of SDN 1 Cimacan

Main Article Content

Eva Nurlaela

Abstract

Dalam mengarungi hidup ini, tidak diperkenankan bagi manusia untuk berputus asa dari rahmat dan kasih sayang dari Allah swt. Oleh karena itu, musibah, kesedihan, kelelahan, dan ketidakberdayaan yang sejatinya dialami dan dirasakan oleh manusia hendaklah menjadikan manusia semakin taat dan takut kepada Allah swt. serta semakin berharap penuh bahwa Allah swt. Dalam hal ini, do’a menjadi sesuatu yang sangat penting dilakukan oleh seseorang agar ia mendapatkan pertolongan dari Allah swt. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai konsep doa dalam perspektif Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dimana penulis mencoba menerangkan dan menggali tentang pentingnya doa dalam perspektif Islam, dengan menggunakan studi literatur Qur’an dan Hadits yang terkait. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa doa merupakan suatu bentuk komunikasi dengan Allah swt. di mana manusia memohon, meminta, dan mengungkapkan atas semua yang diinginkan dan diharapkan dalam rangka untuk mendekatkan diri kepada Allah swt., mengabdi kepada Allah swt., menghilangkan kemusyrikan, serta sebagai tanda bahwa ia sangat membutuhkan Allah swt. Dengan berdoa, kehidupannya akan penuh dengan harapan kepada Allah swt. sebagai bentuk ibadah kepadaNya. Adapun dalam berdoa, seseorang hendaknya memperhatikan adab- adab dan waktu-waktu terbaik untuk berdoa sehingga doa-doa yang dipanjatkan dapat dikabulkan oleh Allah swt.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurlaela, E. (2023). Ability to Memorize Daily Prayers in Class III Students of SDN 1 Cimacan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 586-591. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/5565
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.