The Effectiveness of Information Technology-Based Islamic Religious Education Learning (E-Learning)

Main Article Content

Elli Aliyah

Abstract

Kemajuan Teknologi Informasi banyak membawa dampak positif bagi kemajuan dunia pendidikan dewasa ini, baik dalam hal perangkat keras maupun perangkat lunak. Dengan adanya perkembangan dalam pembelajaran, saat ini banyak pihak penyelenggara pendidikan mulai melirik penerapan konsep distance learning sebagai alternatif pembelajaran yang dianggap lebih efektif dan efisien. Di sisi lain pendidikan agama khususnya agama Islam yang mempunyai tujuan membentuk sikap dan kepribadian muslim yang bertqwa kepada Allah dengan pendekatan keimanan, rasional, emosional, pembiasaan, pengamalan dan keteladanan dirasa kurang efektif bagi sistem pendidikan jarak jauh (distance learning). Karena dengan pendekatan-pendekatan pembelajaran diatas dibutuhkan tatap muka secara langsung, efektif dan terus menerus. Namun demikian, pembelajaran dengan e-Learning tetap merupakan keniscayaan bagi pendidikan agama Islam dalam tataran kognitif. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dimana penulis menggambarkan fonomena dan kedaan sedalam- dalamnya tentang Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis teknologi Informasi (E-learning). Data diperoleh dari studi literature yang membahas  tentang pembelajaran dan teknologi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis teknologi informasi (e-Learning) merupakan suatu keniscayaan. Dengan asumsi (e-learning) akan memudahkan bagi siswa/mahasiswa untuk bisa mengakses semua materi agama Islam yang sangat luas dari seluruh perpustakaan di dunia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aliyah, E. (2023). The Effectiveness of Information Technology-Based Islamic Religious Education Learning (E-Learning). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 575-585. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/5566
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.