Family as the First and Main Review Child Character Education

Main Article Content

Lilis Siti Mariyam

Abstract

Keluarga merupakan tempat yang paling awal dan efektif untuk menjalankan fungsi Departemen Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan. Apabila keluarga gagal untuk mengajarkan kejujuran, semangat, keinginan untuk menjadi yang terbaik, dan kemampuan-kemampuan dasar, maka akan sulit sekali bagi institusi-institusi lain untuk memperbaiki kegagalan-kegagalannya. Kegagalan keluarga dalam membentuk karakter anak akan berakibat pada timbulnya masyarakat yang tidak berkarakter. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui setiap keluarga harus memiliki kesadaran bahwa karakter bangsa sangat tergantung pada pendidikan karakter anak di dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana penulis menggambarkan fenomena dan keadaan sedalam-dalamnya tentang keluarga sebagai wahana pertama dan utama pendidikan karakter anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan dalam keluarga merupakan pendidikan awal atau pertama bagi anak karena pertama kalinya mereka mengenal dunia terlahir dalam lingkungan keluarga dan dididik oleh orang tua. Sehingga pengalaman masa anak-anak merupakan faktor yang sangat penting bagi perkembangan selanjutnya, keteladanan orang tua dalam tindakan sehari-hari akan menjadi wahana pendidikan moral bagi anak, membentuk anak sebagai makhluk sosial, religius, untuk menciptakan kondisi yang dapat menumbuh kembangkan inisiatif dan kreativitas anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mariyam, L. (2023). Family as the First and Main Review Child Character Education. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 567-574. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/5567
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.