The Descriptive Analysis of the Students’ Ability in Writing Factual Report Text by Using Mind Mapping at the Eleventh Grade of SMK Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli in 2022/2023
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan siswa dalam menulis teks factual report dengan menggunakan mind mapping di kelas sebelas SMK Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah sampel sebanyak 18 siswa. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data adalah tes menulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan ada empat (4) siswa memiliki nilai Sangat Baik (22%), Lima (5) siswa mendapat nilai Baik (27%), enam (6) siswa mendapat nilai Rata-rata (33%), dan tiga (3) siswa mendapat nilai Buruk (18%), Dalam kemampuan mereka dalam menulis teks factual report dengan menggunakan mind mapping. Kemudian, faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menulis teks laporan faktual dengan menggunakan mind mapping didominasi oleh faktor kepribadian terutama dari faktor domain afektif. Akhirnya, berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas sebelas SMK Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli masih belum mampu menulis teks paragraph dengan baik dan faktor yang mempengaruhi siswa dalam menulis adalah faktor kepribadian, terutama dari faktor domain afektif.