Increasing the Students’ Ability in Reading Comprehension by Using Think-Pair-Square (TPS) Strategy at the Eighth Grade of SMP Negeri 2 Botomuzoi in 2022/2023

Main Article Content

Windi Florentina Halawa
Hasrat Harefa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman dengan menggunakan strategi Think Pair and Square (TPS). Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). SMP Negeri 2 Botomuzoj tahun ajaran 2022/2023 khususnya kelas VIII-1 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap Siklus terdiri dari dua pertemuan Setiap pertemuan terdiri dari rencana, tindakan, observasi dan refleksi Kemudian peneliti menggunakan lembar observasi, lembar evaluasi dan catatan lapangan untuk mengumpulkan data. Peningkatan tersebut meningkat dari Siklus I ke Siklus II. Pada Siklus I tidak ada satupun siswa yang melakukan semua kegiatan. Nilai rata- rata siswa adalah 66,15. Terdapat 15 siswa yang tidak lulus dan 11 siswa yang lulus KKM Dikarenakan adanya beberapa kelemahan pada siklus ini, maka penelitian dilanjutkan ke Siklus II Pada Siklus II, mayoritas siswa melakukan semua kegiatan. Nilai rata- rata siswa adalah 88,65 Semua siswa berhasil melewati Kriteria Kompetensi Minimum. Dengan kata lain, kemampuan siswa dalam membaca pemahaman meningkat dengan menggunakan Strategi Think Pair and Square (TPS). Peneliti menyarankan: (1) Guru bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Botomuzoi dianjurkan untuk menerapkan Strategi Think Pair and Square (TPS) untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman. (2) Dalam pembelajaran membaca dengan menggunakan Strategi Think Pair and Square (TPS), guru sebaiknya memilih bahan bacaan untuk siswa agar mereka tertarik dan aktif dalam proses belajar mengajar. (3) Untuk mencapai minat siswa yang tinggi dalam belajar bahasa Inggris khususnya dalam pemahaman membaca sebaiknya menerapkan beberapa strategi yang efektif dan tepat (4) Harapan lebih lanjut bagi peneliti berikutnya dan guru untuk menggunakan Strategi Think Pair and Square (TPS) di mengajar membaca dalam keterampilan lain

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Halawa, W., & Harefa, H. (2023). Increasing the Students’ Ability in Reading Comprehension by Using Think-Pair-Square (TPS) Strategy at the Eighth Grade of SMP Negeri 2 Botomuzoi in 2022/2023. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 862-872. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.5683
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.