Analysis of Learning Difficulties in Mathematics in the Material Build a Class VI SDN 060820 Ball Room

Main Article Content

Dwi Novita Sari
,Asmaul Husna
Ridani Amalia
Lia Syafitri
Putri Maharani Rangkuti
Ahmat Shobirin
M.Rizki Ridwan Rambe

Abstract

Matematika adalah salah satu bidang studi yang harus dikuasai oleh siswa, karena merupakan sarana pemecahan masalah sehari-hari. Kesulitan dan kesalahan yang paling banyak dialami siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah kontekstual.Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui kesulitan siswa dalam pemahaman mengenai materi bangun Ruang dan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 060820 medan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan untuk menganalisis dan mendeskripsikan suatu fenomena yang biasanya terjadi di lapangan dengan mempertimbangkan segala masalah yang diteliti. Hasil Penelitian menunjukkan bahwaKesulitan yang dialami siswa pada proses pembelajaran materi bangun ruang khususnya pada topik bola, yaitu: kesulitan pemahaman konsep, kesulitan keterampilan, dan kesulitan pemecahan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sari, D. N., Husna, ,Asmaul, Amalia, R., Syafitri, L., Rangkuti, P. M., Shobirin, A., & Rambe, M. R. (2023). Analysis of Learning Difficulties in Mathematics in the Material Build a Class VI SDN 060820 Ball Room. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 953-957. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.5731
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.