Management of Human Resource Development at the Pesantren Nuurusshidiiq Cirebon

Main Article Content

Norma Fitria

Abstract

Guna menyeimbangkan pengetahuan santri tentang dunia dan akhirat, pesantren merupakan lembaga atau wadah yang sangat cocok untuk menanamkan jiwa kewirausahaan yang bernuansa Islami, khususnya pengajaran melalui ayat-ayat Alquran yang menjelaskan bagaimana menjadi pengusaha sesuai syariat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen pengembangan sumber daya manusia mahasiswa di bidang kewirausahaan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang praktik manajemen dan pelatihan kewirausahaan yang digunakan oleh pesantren, serta peran, program, dan metodologi. Pesantren sudah mengoperasikan sejumlah entitas komersial, seperti minimarket Nuurusshidiiq, restoran, pusat bisnis Nuurusshidiiq, fotokopi. Pondok Pesantren Nuurusshidiiq perlu lebih mengoptimalkan pengelolaan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia santrinya di bidang kewirausahaan guna memajukan temuan penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fitria, N. (2023). Management of Human Resource Development at the Pesantren Nuurusshidiiq Cirebon. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 973-978. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.5793
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.