Pembinaan Aqidah Peserta Didik Dalam Buku ‘Aqidatul Muslim karya Muhammad Ghazali

Main Article Content

Solahudin Nasrullah
Imas Kania Rahman
Anung Al Hamat

Abstract

Semakin liberalisme zaman seolah menggerus aqidah dan pemahaman seseorang kepada Islam, sebagai pedoman hidup bagi manusia. Tak hanya kalangan orang dewasa bahkan kalangan para pelajarpun yang notabene mereka adalah manusia yang baru tumbuh. Perlu banyak adaptasi serta pembinaan dan pengajaran karena belum matangnya cara berfikirnya. Hingga kita lihat, begitu banyak penyimpangan yang dilakukan meski status pelajar lekat pada diri mereka. Fenomena ini yang kemudian menjadi awal mengapa peniliti hendak menyusun tulisan ini. pendidikan yang harusnya menjadi solusi nyatanya juga tergerus oleh pemahaman sekulerisme liberal yang makin mencokol. Maka perlu adanya upaya masif untuk menyelaatkan generasi. Untuk itulah tylisan lahir, mencoba menjawab tantangan tersebut. Bagi peneliti perlu adanya pembinaan aqidah pada diri peserta didik. Karena aqidah inilah yang akan menjadi stimulum bagi peserta diidk untuk dapat memilah milih apa yang akan mereka lakukan dalam kehidupan ini. aqidah inilah yang akan menjadi landasan pemikiran yang berubah menjadi pemahaman untuk mengontrol perilaku peserta didik. Adapun tujuan penulisan jurnal ini selain untuk memaparkan upaya pembinaan aqidah bagi peserta didik, peneliti juga menjadikan buku ‘Aqidatul Muslim Karya Muhammad Ghazali yang sarat akan pembahasan mengenai nilai-nilai aqidah dan akhlak, agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga nantinya dapat dijadikan alternatif solusi dalam melakukan pembinaan aqidah kepada peserta didik, sehingga peserta didik akan lahir menjadi pribadi muslim yng diharapkan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneeliti adalah metode penelitian kualitatif. Hal ini dikarenakan untuk menganalisa secara mendalam dari berbagai data yang didapatkan pleh peneliti, baik data yang sifatnya primer maupun data yang sifatnya sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik, yakni teknik observasi pustaka pada buku ‘Aqidatul Muslim karya Muhammad Ghazali, serta literatur-literatur terkait yang membahas tetang pembinaan aqidah, baik yang berasal dalam buku lain, majalah, koran dan sebagainya. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini adalah mengkaji buku ‘Aqidatul Muslim karya Muhammad Ghazali, kemudian memaparkan pembinaan aqidah yang tercantum dalam buku tersebut kemudian mengembangkannya untuk dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat menjadi solusi atas probelatika yang terjadi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nasrullah, S., Rahman, I. K., & Al Hamat, A. (2021). Pembinaan Aqidah Peserta Didik Dalam Buku ‘Aqidatul Muslim karya Muhammad Ghazali. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 1086-1095. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/5893
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.