Formulating Boarding School as a Leading School in the Era of ICT

Main Article Content

Musyarif Musyarif
Ahdar Ahdar
Muhammad Irfan Akbar

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Formulasi Boarding School (Pondok Pesantren) sebagai Sekolah Unggulan di Era Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK).” Dengan sub masalah yakni, Bagaimana prototype boarding school era kontemporer, Bagaimana sistem sekolah unggulan yang relevan dengan era teknologi, informasi dan komunikasi dalam persfektif pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan beberapa metode. Diantaranya adalah metode pendekatan. Yaitu metode yang mengungkapkan pola piker yang dipergunakan untuk membahas objek penelitian. Pendekatan yang dimaksud ialah pendekatan sistem. Metode pelaksanaan, yaitu data yang dikumpulkan diolah kembali secara kualitatif yakni berupa keterangan-keterangan yang diperoleh dari sumber data, kemudian pengolahan data tersebut berupa ide-ide dan teori-teori yang tidak dapat disusun secara grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Boarding school yang bercorak modern tidak lebih dari sikap akomodatif terhadap kemajuan zaman, menyesuaikan diri tanpa meninggalkan karakter budaya lokal, Panorama era kontemporer mendeskripsikan era teknolgi, informasi dan komunikasi (TIK), yakni fenomena ini mampu menembus sekat atau gap setiap bangsa sehingga dunia bagai global village, Boarding school yang relevan dengan tuntutan dan kebutuhan TIK apabila memilki sistem sekolah unggulan. Sekolah unggulan memilki sistem yang berbasis teknologi yang mengedepankan sikap terbuka, rasional, obyektif, ilmiah, progresif, profesional, dinamis, etos kerja yang tinggi, visioner dsb. Ketika karakter sekolah unggulan dikolaborasikan dengan sistem boarding school, maka boarding school akan mampu membangun peradaban yang sejajar dengan peradaban lain. Dengan demikian, boarding school yang berbasis TIK akan lebih efektif dalam mewujudkan misis profetik yaitu menjadikan Islam sebagai agama rahmatan lil alamin.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Musyarif, M., Ahdar, A., & Akbar, M. I. (2023). Formulating Boarding School as a Leading School in the Era of ICT. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 1471-1478. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.5933
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.