The Role of Innovative Leadership in Improving the Effectiveness of Higher Education

Main Article Content

Entuy Kurniawan
Muhammad Nurbih Abdullah
Cas Fitrianingsih
Agus Mulyanto

Abstract

Kepemimpinan inovatif di pendidikan tinggi dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang dinamis, relevan, dan adaptif, yang mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tuntutan dunia yang terus berkembang. Peran kepemimpinan inovatif menjadi sangat strategis untuk melakukan penataan, perubahan, dan pengembangan agar tantangan dan tuntutan pendidikan tinggi dapat diimplementasikan dengan baik, sehingga tujuan pendidikan tinggi dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian adalah untuk menggali tentang bagaimana peran kepemimpinan inovatif dalam meningkatkan efektivitas pendidikan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, dimana data yang diperoleh dianalisis dengan cara analisis konten isi. Sumber data penelitian berupa buku-buku, jurnal, dan internet serta sumber lainnya yang relevan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa peran kepemimpinan inovatif dalam meningkatkan efektivitas pendidikan tinggi antara lain : 1) sebagai penentu arah kebijakan organisasi dalam mencapai visi, misi, tujuan dan strategi pendidikan tinggi; 2) sebagai motivator dalam penataan, perubahan, dan pengembangan organisasi pendidikan tinggi menghadapi tantangan dan tuntutan dunia pendidikan yang terus berkembang; 3) dalam meningkatkan mutu pendidikan, kepemimpinan inovatif sebagai penggerak dalam proses standarisasi mutu, mengelola dan mengarahkan tim serta sumber daya lainnya dalam organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kurniawan, E., Abdullah, M., Fitrianingsih, C., & Mulyanto, A. (2023). The Role of Innovative Leadership in Improving the Effectiveness of Higher Education. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 1377-1385. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.6094
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.