Kemampuan Penalaran Matematika ditinjau dari tipe Kepribadian Hippocrates pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran mahasiswa yang ditinjau dari tipe kepribadian Hippocrates. Penelitian yang melibatkan mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Matematika termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Penelitian diawali dengan pemberian tes kepribadian untuk memilih subjek penelitian. Berdasarkan hasil tes kepribadian tersebut siswa terbagi menjadi empat kelompok kepribadian, yaitu: sanguinis (S), koleris (K), melankholis (M), dan plegmatis (P). Selanjutnya, tes tertulis masalah matematika diberikan untuk memperoleh kemampuan penalaran dari subjek penelitian. Hasil tes tertulis dianalisis berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya dengan indikator-indikator kemampuan penalaran. Untuk menggali lebih dalam tentang kemampuan penalaran mahasiswa, dilakukan wawancara secara mendalam dengan mengacu pada hasil tes tertulis masalah matematika. Hasil penelitian menggambarkan kemampuan penalaran mahasiswa berdasarkan tipe kepribadianya. Tipe S cenderung menggunakan simbol matematika dalam menyelesaikan masalah, dan mempunyai lebih dari satu cara pada setiap masalah yang diberikan. Tipe K menyelesaikan masalah langsung pada inti pertanyaan dan mempunyai lebih dari satu cara penyelesaian. Tipe M cenderung memerinci masalah dalam bentuk tulisan dan hanya mempunyai satu cara penyelesaian. Tipe P mampu menyampaikan langkah penyelesaian masalah dengan lengkap dan jelas, serta mempunyai lebih dari satu cara penyelesaian. Hasil penelitian ini menjadi referensi bagi dosen dalam menyusun dan mengembangkan program perkuliahan yang mengakomodasi tipe kepribadian dan meningkatkan kemampuan penalaran mahasiswa melalui strategi pembelajaran.